Integrasi Antar Aplikasi Office : Mail Merge.

 bonjour !! ๐Ÿ‘‹๐Ÿฝ


๐Ÿ™‹๐Ÿป‍♀️ ketemu lagi ni sama aku indah fatma

aku mau jelasin materi apa yang sudah diberi ni ๐Ÿคช



apa sih btw? ๐Ÿค”


oke judulnyaa ialaaahh :

๐Ÿ’ซIntegrasi Antar Aplikasi Office : Mail Merge.


⬇️ next  ⬇️


Mail merge ada yang menyebutkan sebagai surat gabung dan ada juga yang menyebutnya sebagai surat massal.


kenapa disebut surat gabung ❓


✨ Surat gabung karena ✨ menggabungkan dua sistem aplikasi sehingga aplikasi utama dapat mengambil data dari aplikasi sumber. Misalnya dari microsoft word mengambil data yang ada pada microsoft excel. 




Kalau surat massal, kenapa❓


⚡Karena biasanya mail ⚡ merge ini digunakan untuk mengirimkan surat atau berkas ke banyak orang dengan menggunakan template yang sama namun berbeda informasi datanya.



lebih jelas nya lagi aku kasih tau ni, mau tau gaa? ๐Ÿคฉ


okeee scrolling ⬇️

                            ⬇️


➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Contoh : 

Di microsoft word terdapat surat pengantar dengan lampiran tentang laporan nilai martikulasi yang akan dikirimkan ke orang tua siswa yang bersangkutan. Terdapat surat pengantar yang nanti akan diisi nama siswanya kemudian dilampirkan juga terdapat nilai-nilainya dan nama wali kelas.


Sedangkan di microsoft exel sudah terdapat database nilai siswa yang akan dimasukkan ke dalam surat yang sudah dibuat di microsoft word tadi. Terdapat data nama,nilai, rata-rata yang akan digunakan pembulatan dengan dua digit dibelakang koma (,)


Data base tersebut adalah kumpulan dari data-data yang akan kita gunakan. Terdapat 100 data yang akan digabungkan dengan surat di microsoft word tadi.


Surat yang terdapat di microsoft word akan digabungkan dengan database yang terdapat di microsoft exel. 


Gimana caranya menggabung


kannya?

1. Ke Menu Mailings 


1. Klik Start Mail Merge


1. Klik Letters 

2. Klik Sellect Recipients






1. Terdapat 3 pilihan : 


Type a new list : mengetik data secara manual

Choose from outlook contacts : mengambil data yang terdapat di kontak outlook 

Use an existing list : mengambil data melalui file




Karena sudah memiliki data di micrososft excel, maka kita pilih Use an existing list


7. Klik File 

8. Pilih data microsoft exel 

9. Klik ok

10. Klik Insert Merge Field

11. Klik sesuai data seperti nama,kelas, dan seterusnya hingga selesai

12. Lihat apakah surat sudah tergabung dengan database

13. Klik Preview Result 

14. Di atas terdapat tombol navigasi yang dapat digunakan untuk melihat hasil data-data atau record yang sebelumnya terdapat di database microsoft excel

15. Merapikan file,font,dll yang disesuaikan sesuai keinginan

16. Jika sudah selesai, klik Finish&Merge

17. Dipilih sesuai kebutuhan seperti edit,print dan mengirim ke e-mail

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Maulidurrosul MAN 4 Jakarta

dampak sosial komputer dan teknologi informasi

Model Data